Logo Markshare Training

7 perangkat yang perlu disiapkan fasilitator dalam workshop dan seminar online

seminar online

Pada masa pandemi yang terjadi saat ini, pemerintah pusat maupun institusi di daerah-daerah mengeluarkan berbagai himbauan, peraturan, dan kebijakan kepada masyarakat di seluruh Indonesia yang berkaitan dengan protokol kesehatan dalam usaha menekan tingkat penderita covid-19. Kebijakan yang diberikan yaitu meniadakan aktivitas pembelajaran tatap muka, yang kemudian digantikan dengan sistem daring atau online. Dengan adanya aktivitas pembelajaran secara online, pengajar (fasilitator) dapat memantau dan memberikan materi pelatihan maupun seminar online kepada partisipan atau karyawan yang mengikuti program pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kompetensinya di dalam perusahaan. Pada seminar online ini diumpamakan seperti meeting atau pertemuan secara bertatap muka dengan menggunakan media internet yang dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi yang berbeda-beda. Dengan media ini, fasilitator dan partisipan dapat saling berinteraksi dengan menggunakan alat bantuan yang telah disediakan dalam software atau aplikasi khusus, dapat berbentuk video maupun pesan percakapan (chatting).

Tentu saja keadaan semacam ini masih tergolong baru bagi sebagian banyak orang untuk melakukan pembelajaran secara jarak jauh dengan bertatap muka menggunakan layar monitor maupun gadget. Sehingga kondisi yang terjadi saat ini, masih banyak beberapa pengajar atau fasilitator yang masih kesulitan dan belum sepenuhnya menguasai teknik-teknik untuk mengajar online, belum mempersiapkan alat-alat lengkap untuk mengajar online, dan lainnya. Sehingga hal tersebut menjadi hambatan dalam mengajar online. Namun, hal ini bisa menjadi peluang bagi para fasilitator dan melakukan inovasi dalam mengajar online.

Sebelum mengadakan pembelajaran melalui seminar online tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diketahui yaitu penjelasan tentang alat yang dibutuhkan, manfaat dan juga tips sebelum mengikuti seminar online. Sehingga setelah berhasil menyelesaikan program ini, partisipan akan mampu:

  • Mengetahui teknik-teknik mengajar online
  • Mengetahui cara penyampaian materi (delivery) yang menarik secara online
  • Meningkatkan kepercayaan diri dalam mengajar online
  • Menggunakan tools-tools yang menarik pada saat mengajar online

Secara garis besar perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam mengadakan pembelajaran online adalah sebagai berikut: 

1. Komputer atau laptop

Tentu perangkat ini sangat penting, tanpa adanya komputer atau laptop seminar online pastinya tidak akan dapat berjalan. Gunakan komputer atau laptop yang memiliki dukungan spesifikasi minimal saat menjalankan software web conferencing atau online meeting tools.

2. Webcam, microphone dan speaker

Jika menggunakan perangkat laptop tentu tiga perangkat ini tidak dibutuhkan, karena laptop saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat tersebut. Berbeda halnya dengan penggunaan komputer, tentunya ketiga alat ini harus ditambahkan. Penggunaan laptop maupun komputer untuk keperluan presentasi sebaiknya tetap dilakukan pengecekan kualitas dan tata letak untuk menempatkan kamera agar sejajar mata memandang dan microphone yang sesuai volumenya dengan sehingga nyaman saat digunakan dalam pembelajaran online.

3. Ruangan dan background

Agar memberikan kesan yang menyenangkan dan menarik sehingga para partisipan dalam seminar online nyaman saat melihat layar monitornya dapat disuguhkan tampilan ruangan yang tertata rapi atau tampilan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Bisa pula dengan menggunakan background identitas visual berkaitan dengan institusi fasilitator tersebut agar terlihat lebih profesional. Terkait dengan ruangan, diperlukan pencahayaan yang baik. Seperti halnya jika wajah fasilitator dapat dilihat dengan baik maka jangan membelakangi pencahayaan, posisikan sumber cahaya berada di depan fasilitator.

4. Jaringan internet

Dengan adanya jaringan internet yang memiliki stabilitas, kecepatan yang baik dan bandwidth yang besar tentunya mempengaruhi kenyamanan dalam menyampaikan pesan dalam seminar online. Jika tidak maka akan mengganggu performa dalam mengajar dan pesan yang diterima oleh partisipan akan terdistorsi.

5. Browser (peramban web)

Browser adalah perangkat lunak atau aplikasi dalam komputer atau smartphone yang berfungsi untuk menerima informasi di dalam jaringan internet atau world wide web. Biasanya dalam gadget sudah terpasang secara default, paling banyak yang digunakan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera atau Microsoft Edge.

6. Email

Berguna untuk membuat akun software web conferencing atau online meeting tools. Dapat pula digunakan untuk konfirmasi registrasi atau pendaftaran seminar online melalui email partisipan, jadi gunakanlah alamat email yang aktif.

7. Software web conferencing dan online meeting tools

Aplikasi yang paling banyak digunakan dalam seminar online adalah Google Hangouts Meet dan Zoom, namun tidak menutup kemungkinan untuk memakai aplikasi lainnya. Pastikan untuk mempelajari fitur-fiturnya sebelum digunakan dalam seminar, uji coba atau simulasi  dapat dilakukan dengan rekan terdekat. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, namun biasanya akan dikenakan biaya tambahan untuk fitur yang memiliki fungsi yang lebih mumpuni.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk pembelajaran dalam seminar online saat melakukan WFH. Untuk menghadapi persaingan bisnis dan teknologi yang ada saat ini, Anda tentu harus membekali karyawan untuk menjadi individu atau tim yang berkualitas yang berdaya saing. Guna mencapai tujuan tersebut,kami jasa training karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan Markshare siap membantu perusahaan Anda mengembangkan skill sekaligus mengupgrade kemampuan karyawan di perusahaan. Tentu saja di masa saat ini, kami menyediakan online training atau seminar online yang dapat dilakukan tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan saat ini. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp Support Chat