5 Cara Menciptakan Kompetisi Sehat dan

Produktif di Lingkungan Perusahaan

Kompetisi, jika dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai persaingan atau pertandingan untuk merebut kejuaraan. Namun apakah berbeda dengan kompetisi yang ada dalam sebuah perusahaan?. Kompetisi dalam perusahaan terkadang menghasilkan sesuatu yang positif atau bahkan negatif. Perusahaan selalu akan melakukan banyak cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan seperti melakukan training karyawan, menciptakan kegiatan pengembangan SDM, atau bahkan mengadakan kompetisi kerja yang kondusif. Maka dari itu, sebelum memulainya, ada baiknya kita mengetahui 5 cara menciptakan kompetisi sehat dan produktif di lingkungan perusahaan, yaitu:

1. Bangun suasana kantor yang menyenangkan
Persaingan dalam kantor biasanya identik dengan sesuatu yang negatif atau menimbulkan perpecahan. Tetapi yang seharusnya terjadi adalah bagaimana perusahaan menyiapkan kegiatan yang menyenangkan untuk berkompetisi. Kegiatan sederhana dapat dilakukan seperti pertandingan sepak bola antar divisi, kegiatan lomba kreativitas dan sebagainya. Hal ini dapat meningkatkan daya saing dan jiwa kompetisi dari setiap karyawan terutama dalam lingkungan kantor.


2. Karyawan menikmati kompetisi
Kompetisi yang dibangun dalam perusahaan selalu mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda bagi setiap individu. Tingkat kesulitan tersebut memunculkan daya saing dalam diri setiap karyawan seperti misalnya, kompetisi yang mudah akan membuat karyawan merasa tidak perlu banyak usaha. Berbeda dengan kompetisi yang sulit dimana setiap karyawan akan mencari cara untuk tidak menyerah atau bahkan sebaliknya. Maka dari itu pengalaman dalam berkompetisi akan menunjang produktivitas karyawan. Sehingga tanpa disadari mereka mengerjakan pekerjaannya dengan semangat dan menikmati kompetisi yang ada demi tujuan yang sedang diraihnya.


3. Kompetisi yang sehat memunculkan kreativitas
Tanpa disadari, kompetisi menjadi alat untuk pengembangan SDM dikarenakan saat itulah karyawan akan menuntut dirinya untuk berhasil dan meningkatkan kreativitas dirinya. Kreativitas akan mendukung karyawan lebih produktif dan melakukan banyak eksperimen dalam bekerja. Misalnya ketika seorang marketing perusahaan harus berkompetisi dengan marketing lainnya, atau demi melebihi target yang ada, maka ia akan mencoba banyak hal yang kreatif untuk memasarkan produknya.


4. Kompetisi disertai penghargaan
Kompetisi tanpa penghargaan rasanya akan menjadi hal yang sia-sia dan tidak menumbuhkan semangat dalam diri karyawan. Ada baiknya ketika perusahaan membuat sebuah kompetisi dalam bekerja, ada penghargaan yang diberikan untuk mengapresiasi mereka yang sudah bekerja keras. Tentu saja kompetisi dengan penghargaan yang setimpal akan membuat karyawan merasa dihargai dan bahagia.


5. Menciptakan motivasi kerja
Motivasi kerja sering menjadi permasalahan perusahaan untuk mendapatkannya dari setiap karyawan mereka. Maka dari itu, kompetisi dalam perusahaan adalah salah satu cara pengembangan SDM dalam hal meningkatkan motivasi kerja. Contoh dalam hal bekerja yaitu saat salah satu karyawan dapat memasarkan produk dan menjualnya dalam jumlah yang
besar dan mendapatkan bonus yang sesuai dengan hasilnya, maka hal itu akan memotivasi karyawan lain untuk melakukan hal yang sama atau bahkan yang lebih baik lagi.

Itulah 5 cara menciptakan kompetisi sehat dan produktif di lingkungan perusahaan yang dapat diterapkan. Kompetisi demi pengembangan SDM perusahaan adalah hal yang positif untuk meningkatkan kualitas individu dalam bekerja. Yang terpenting adalah tetap mengedepankan kompetisi yang sehat, adil dan juga jujur dalam bekerja. Tidak hanya kegiatan kompetisi saja yang dapat dilakukan oleh perusahaan, training karyawan juga dapat menambah kemampuan dalam bekerja. Maka dari itu, jika perusahaan Anda membutuhkan jasa training karyawan dapat menghubungi Markshare. Apa itu Markshare?. Markshare adalah layanan pelatihan dan pengembangan karyawan, yang menyediakan banyak program seperti kepemimpinan, kompetisi dalam bekerja, kualitas SDM dalam perusahaan, dan sebagainya. Hubungi Markshare jika memerlukan konsultasi mengenai SDM perusahaan Anda. Tentu saja di masa saat ini, kami menyediakan online training atau kelas online yang dapat dilakukan tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan saat ini.


Artikel Lainnya

5 Keuntungan CRM bagi Perusahaan

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan dan pelanggan potensial. Tujuan dari CRM adalah untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan menggunakannya dengan cukup...

Manajemen Proyek Tangkas

Agile Project Management   Manajemen Proyek Tangkas atau Agile Project Management adalah metode manajemen proyek yang menggunakan teknik pengembangan yang singkat yang disebut scrum yang fokus pada peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan suatu produk atau...

Kompetensi dan Konsistensi

“Orang pintar kalah dengan orang beruntung  namun orang beruntung kalah dengan orang konsisten.” Pernyataan ini kita amini , karena bukti nyata tentang konsistensi dan kompetensi. Kompetensi terbentuk dari prilaku yang dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan....

Langkah-langkah Proses Mengurus SNI

Diasuh Oleh: Sutomo Asngadi, S.S., M.M.(Consultant/Executive Trainer Strategic Supply Chain, Logistics, Export Import dan Procurement Management) Beberapa waktu kita pernah mendengar membaca dan melihat berita tentang produk yang tidak ber SNI seperti berikut ini....

Typology Strategi Supply Chain Lean-Agile-Leave

By: SUTOMO ASNGADI S.S., M.M Dalam manajemen rantai pasokan ada beberapa pertanyaan mendasar yang sering kita jumpai: Barang apa yang akan kita buat dan kita kirim? Bahan dan suku cadang apa yang harus diperoleh untuk membuat produk? Berapa banyak, dan kapan? Apa dan...

Tips agar Menjadi Kreatif dan Inovatif untuk Melatih dan Mengembangkan SDM

Kreatif adalah suatu proses penemuan ide baru dari pengembangan ide lama yang disesuaikan dengan tujuan dan keadaan. Temuan baru yang menghasilkan suatu karya yang berguna kita sebut inovasi. Semua kegiatan baik dalam kegiatan sosial sehari-hari maupun yang bersifat...

Digital Mindset

Digitalisasi telah terjadi, era 4.0 telah dimulai dan terus berlanjut, perlahan tapi pasti kita menjadi bagian dari era ini. Semua aspek kehidupan memasuki era digital. Masa pandemi covid 19 memicu perubahan ini lebih cepat terjadi. Penggunaan teknologi menjadi masa...

5 Kompetensi Penting Bagi Karir Anda ( Kompetensi 4.0)

Berbicara tentang karir, masih banyak yang beranggapan bahwa karir adalah jenjang dalam pekerjaan. Jika sesorang telah bekerja pada perusahaan kebanyakan akan memastikan dirinya akan mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan perusahaan itu. Hal ini adalah...

Pengendalian Operasional Treasury Perbankan

Treasury dalam arti kata bahasa adalah perbendaharaan, yaitu aktifitas yang menghasilkan pengelolaan sejumlah dana. Arti yang lain treasury juga adalah salah satu aktivitas finansial di perusahaan, perbankan dan non perbankan, yang berkaitan dengan 3 (tiga) aktivitas...

3 Langkah Membangun Reputasi yang Handal dalam Public Relation

Hubungan masyarakat atau ilmu public relation adalah tentang reputasi. Reputasi sebenarnya terbangun dengan sendirinya, yaitu peraturan yang kita tetapkan sendiri untuk menghadapi pihak lain dan semua sudut pandang pihak lain kepada kita. Hal ini tentu saja berlaku...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat