5 Cara Menciptakan Kompetisi Sehat dan

Produktif di Lingkungan Perusahaan

Kompetisi, jika dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai persaingan atau pertandingan untuk merebut kejuaraan. Namun apakah berbeda dengan kompetisi yang ada dalam sebuah perusahaan?. Kompetisi dalam perusahaan terkadang menghasilkan sesuatu yang positif atau bahkan negatif. Perusahaan selalu akan melakukan banyak cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan seperti melakukan training karyawan, menciptakan kegiatan pengembangan SDM, atau bahkan mengadakan kompetisi kerja yang kondusif. Maka dari itu, sebelum memulainya, ada baiknya kita mengetahui 5 cara menciptakan kompetisi sehat dan produktif di lingkungan perusahaan, yaitu:

1. Bangun suasana kantor yang menyenangkan
Persaingan dalam kantor biasanya identik dengan sesuatu yang negatif atau menimbulkan perpecahan. Tetapi yang seharusnya terjadi adalah bagaimana perusahaan menyiapkan kegiatan yang menyenangkan untuk berkompetisi. Kegiatan sederhana dapat dilakukan seperti pertandingan sepak bola antar divisi, kegiatan lomba kreativitas dan sebagainya. Hal ini dapat meningkatkan daya saing dan jiwa kompetisi dari setiap karyawan terutama dalam lingkungan kantor.


2. Karyawan menikmati kompetisi
Kompetisi yang dibangun dalam perusahaan selalu mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda bagi setiap individu. Tingkat kesulitan tersebut memunculkan daya saing dalam diri setiap karyawan seperti misalnya, kompetisi yang mudah akan membuat karyawan merasa tidak perlu banyak usaha. Berbeda dengan kompetisi yang sulit dimana setiap karyawan akan mencari cara untuk tidak menyerah atau bahkan sebaliknya. Maka dari itu pengalaman dalam berkompetisi akan menunjang produktivitas karyawan. Sehingga tanpa disadari mereka mengerjakan pekerjaannya dengan semangat dan menikmati kompetisi yang ada demi tujuan yang sedang diraihnya.


3. Kompetisi yang sehat memunculkan kreativitas
Tanpa disadari, kompetisi menjadi alat untuk pengembangan SDM dikarenakan saat itulah karyawan akan menuntut dirinya untuk berhasil dan meningkatkan kreativitas dirinya. Kreativitas akan mendukung karyawan lebih produktif dan melakukan banyak eksperimen dalam bekerja. Misalnya ketika seorang marketing perusahaan harus berkompetisi dengan marketing lainnya, atau demi melebihi target yang ada, maka ia akan mencoba banyak hal yang kreatif untuk memasarkan produknya.


4. Kompetisi disertai penghargaan
Kompetisi tanpa penghargaan rasanya akan menjadi hal yang sia-sia dan tidak menumbuhkan semangat dalam diri karyawan. Ada baiknya ketika perusahaan membuat sebuah kompetisi dalam bekerja, ada penghargaan yang diberikan untuk mengapresiasi mereka yang sudah bekerja keras. Tentu saja kompetisi dengan penghargaan yang setimpal akan membuat karyawan merasa dihargai dan bahagia.


5. Menciptakan motivasi kerja
Motivasi kerja sering menjadi permasalahan perusahaan untuk mendapatkannya dari setiap karyawan mereka. Maka dari itu, kompetisi dalam perusahaan adalah salah satu cara pengembangan SDM dalam hal meningkatkan motivasi kerja. Contoh dalam hal bekerja yaitu saat salah satu karyawan dapat memasarkan produk dan menjualnya dalam jumlah yang
besar dan mendapatkan bonus yang sesuai dengan hasilnya, maka hal itu akan memotivasi karyawan lain untuk melakukan hal yang sama atau bahkan yang lebih baik lagi.

Itulah 5 cara menciptakan kompetisi sehat dan produktif di lingkungan perusahaan yang dapat diterapkan. Kompetisi demi pengembangan SDM perusahaan adalah hal yang positif untuk meningkatkan kualitas individu dalam bekerja. Yang terpenting adalah tetap mengedepankan kompetisi yang sehat, adil dan juga jujur dalam bekerja. Tidak hanya kegiatan kompetisi saja yang dapat dilakukan oleh perusahaan, training karyawan juga dapat menambah kemampuan dalam bekerja. Maka dari itu, jika perusahaan Anda membutuhkan jasa training karyawan dapat menghubungi Markshare. Apa itu Markshare?. Markshare adalah layanan pelatihan dan pengembangan karyawan, yang menyediakan banyak program seperti kepemimpinan, kompetisi dalam bekerja, kualitas SDM dalam perusahaan, dan sebagainya. Hubungi Markshare jika memerlukan konsultasi mengenai SDM perusahaan Anda.

WhatsApp Support Chat