Cara agar Produktivitas Karyawan Meningkat Selama

Work From Home (WFH)

  

Work From Home atau yang kita sebut sebagai WFH merupakan himbauan yang diberikan dari pemerintah untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 saat ini. Maka dari itu tidak sedikit pula beberapa perusahaan yang menerapkan WFH kepada karyawannya. Sehingga perlu adanya koordinasi yang jelas dan juga penerapan kinerja yang produktif pada karyawan yang bekerja di rumah. Situasi rumah yang berbeda dari kantor, akan membuat cara kerja juga berbeda. Oleh karena itu ada 5 cara yang dapat dilakukan agar produktivitas karyawan terjaga dan meningkat walaupun hanya di rumah saja, diantaranya:

1. Ikuti pelatihan dan pengembangan diri karyawan berupa webinar atau seminar online

Rasanya masih sangat mungkin sekali jika perusahaan mengikutsertakan karyawannya dalam pelatihan dan pengembangan diri dalam seminar online. Tentu instansi yang menyediakan jasa tersebut mempunyai kurikulum online yang dapat diikuti dengan efektif. Salah satunya adalah Markshare, yang menyediakan jasa pelatihan dan pengembangan karyawan. Tersusun dengan kurikulum yang cocok bagi setiap perusahaan untuk mengembangkan skill karyawan walaupun bekerja dari rumah. Anda bisa mengunjungi website Markshare atau instagram Markshare untuk informasi lebih lanjut.

2. Disiplin dalam waktu kerja

Suasana kerja yang berbeda akan menentukan konsentrasi karyawan saat bekerja, apakah kondusif atau tidak. Maka terapkan jam kerja di rumah yang sama seperti saat di kantor. Perusahaan dapat memberikan kebijakan untuk tetap melakukan absen setiap harinya di jam yang sama saat masuk kantor. Hal ini akan memacu karyawan untuk tetap dalam keadaan produktif saat bekerja.

3. Gunakan alat yang menunjang untuk bekerja

Perusahaan dapat memfasilitasi karyawan saat bekerja di rumah seperti fasilitas pulsa internet, alat kerja seperti laptop dan sebagainya. Tentu dengan adanya hal tersebut akan membantu karyawan semakin produktif dan tidak sulit saat bekerja.

4. Melakukan komunikasi yang lancar dengan kantor

Komunikasi tentu harus berjalan lancar apalagi jika semua berada di tempat jauh dan berbeda-beda. Koordinasi saat bekerja harus tetap dilakukan dengan berbagai cara komunikasi. Perusahaan dapat menentukan kebijakan alat yang digunakan atau SOP komunikasi yang harus dilakukan karyawan. Misalnya komunikasi meeting
harus dilakukan dengan webcam atau video conference, dan sebagainya. Tentu saja sama halnya saat melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, menggunakan aplikasi seperti zoom, hangout dan sebagainya untuk melakukan komunikasi tatap muka.

5. Tetapkan jam istirahat

Jam istirahat juga harus ditetapkan agar karyawan tidak lupa untuk melakukan makan siang atau peregangan saat bekerja. Jam istirahat dapat sama seperti saat berada di kantor ataupun berbeda, tergantung kebijakan perusahaan. 

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan agar produktivitas karyawan terjaga dan meningkat walaupun hanya di rumah saja. Yang utama dan pertama dapat perusahaan lakukan untuk menjaga kemampuan atau menambah skill yang dimiliki karyawan adalah dengan mengikutsertakan mereka pelatihan dan pengembangan karyawan berbasis webinar ataupun seminar online. Banyak program dan kurikulum yang disusun oleh penyelenggara sehingga cocok dilakukan saat di rumah. Untuk berkonsultasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelatihan dan pengembangan karyawan silakan hubungi Markshare. Tentu saja di masa saat ini, kami menyediakan online training atau seminar online yang dapat dilakukan tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan saat ini. Tetaplah jaga kesehatan dan tidur cukup untuk menjaga stamina saat bekerja di rumah.


Artikel Lainnya

5 Keuntungan CRM bagi Perusahaan

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan dan pelanggan potensial. Tujuan dari CRM adalah untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan menggunakannya dengan cukup...

Manajemen Proyek Tangkas

Agile Project Management   Manajemen Proyek Tangkas atau Agile Project Management adalah metode manajemen proyek yang menggunakan teknik pengembangan yang singkat yang disebut scrum yang fokus pada peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan suatu produk atau...

Kompetensi dan Konsistensi

“Orang pintar kalah dengan orang beruntung  namun orang beruntung kalah dengan orang konsisten.” Pernyataan ini kita amini , karena bukti nyata tentang konsistensi dan kompetensi. Kompetensi terbentuk dari prilaku yang dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan....

Langkah-langkah Proses Mengurus SNI

Diasuh Oleh: Sutomo Asngadi, S.S., M.M.(Consultant/Executive Trainer Strategic Supply Chain, Logistics, Export Import dan Procurement Management) Beberapa waktu kita pernah mendengar membaca dan melihat berita tentang produk yang tidak ber SNI seperti berikut ini....

Typology Strategi Supply Chain Lean-Agile-Leave

By: SUTOMO ASNGADI S.S., M.M Dalam manajemen rantai pasokan ada beberapa pertanyaan mendasar yang sering kita jumpai: Barang apa yang akan kita buat dan kita kirim? Bahan dan suku cadang apa yang harus diperoleh untuk membuat produk? Berapa banyak, dan kapan? Apa dan...

Tips agar Menjadi Kreatif dan Inovatif untuk Melatih dan Mengembangkan SDM

Kreatif adalah suatu proses penemuan ide baru dari pengembangan ide lama yang disesuaikan dengan tujuan dan keadaan. Temuan baru yang menghasilkan suatu karya yang berguna kita sebut inovasi. Semua kegiatan baik dalam kegiatan sosial sehari-hari maupun yang bersifat...

Digital Mindset

Digitalisasi telah terjadi, era 4.0 telah dimulai dan terus berlanjut, perlahan tapi pasti kita menjadi bagian dari era ini. Semua aspek kehidupan memasuki era digital. Masa pandemi covid 19 memicu perubahan ini lebih cepat terjadi. Penggunaan teknologi menjadi masa...

5 Kompetensi Penting Bagi Karir Anda ( Kompetensi 4.0)

Berbicara tentang karir, masih banyak yang beranggapan bahwa karir adalah jenjang dalam pekerjaan. Jika sesorang telah bekerja pada perusahaan kebanyakan akan memastikan dirinya akan mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan perusahaan itu. Hal ini adalah...

Pengendalian Operasional Treasury Perbankan

Treasury dalam arti kata bahasa adalah perbendaharaan, yaitu aktifitas yang menghasilkan pengelolaan sejumlah dana. Arti yang lain treasury juga adalah salah satu aktivitas finansial di perusahaan, perbankan dan non perbankan, yang berkaitan dengan 3 (tiga) aktivitas...

3 Langkah Membangun Reputasi yang Handal dalam Public Relation

Hubungan masyarakat atau ilmu public relation adalah tentang reputasi. Reputasi sebenarnya terbangun dengan sendirinya, yaitu peraturan yang kita tetapkan sendiri untuk menghadapi pihak lain dan semua sudut pandang pihak lain kepada kita. Hal ini tentu saja berlaku...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat