Cara agar Produktivitas Karyawan Meningkat Selama

Work From Home (WFH)

  

Work From Home atau yang kita sebut sebagai WFH merupakan himbauan yang diberikan dari pemerintah untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 saat ini. Maka dari itu tidak sedikit pula beberapa perusahaan yang menerapkan WFH kepada karyawannya. Sehingga perlu adanya koordinasi yang jelas dan juga penerapan kinerja yang produktif pada karyawan yang bekerja di rumah. Situasi rumah yang berbeda dari kantor, akan membuat cara kerja juga berbeda. Oleh karena itu ada 5 cara yang dapat dilakukan agar produktivitas karyawan terjaga dan meningkat walaupun hanya di rumah saja, diantaranya:

1. Ikuti pelatihan dan pengembangan diri karyawan berupa webinar atau kelas online

Rasanya masih sangat mungkin sekali jika perusahaan mengikutsertakan karyawannya dalam pelatihan dan pengembangan diri dalam kelas online. Tentu instansi yang menyediakan jasa tersebut mempunyai kurikulum online yang dapat diikuti dengan efektif. Salah satunya adalah Markshare, yang menyediakan jasa pelatihan dan pengembangan karyawan. Tersusun dengan kurikulum yang cocok bagi setiap perusahaan untuk mengembangkan skill karyawan walaupun bekerja dari rumah. Anda bisa mengunjungi website Markshare atau instagram Markshare untuk informasi lebih lanjut.

2. Disiplin dalam waktu kerja

Suasana kerja yang berbeda akan menentukan konsentrasi karyawan saat bekerja, apakah kondusif atau tidak. Maka terapkan jam kerja di rumah yang sama seperti saat di kantor. Perusahaan dapat memberikan kebijakan untuk tetap melakukan absen setiap harinya di jam yang sama saat masuk kantor. Hal ini akan memacu karyawan untuk tetap dalam keadaan produktif saat bekerja.

3. Gunakan alat yang menunjang untuk bekerja

Perusahaan dapat memfasilitasi karyawan saat bekerja di rumah seperti fasilitas pulsa internet, alat kerja seperti laptop dan sebagainya. Tentu dengan adanya hal tersebut akan membantu karyawan semakin produktif dan tidak sulit saat bekerja.

4. Melakukan komunikasi yang lancar dengan kantor

Komunikasi tentu harus berjalan lancar apalagi jika semua berada di tempat jauh dan berbeda-beda. Koordinasi saat bekerja harus tetap dilakukan dengan berbagai cara komunikasi. Perusahaan dapat menentukan kebijakan alat yang digunakan atau SOP komunikasi yang harus dilakukan karyawan. Misalnya komunikasi meeting
harus dilakukan dengan webcam atau video conference, dan sebagainya. Tentu saja sama halnya saat melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, menggunakan aplikasi seperti zoom, hangout dan sebagainya untuk melakukan komunikasi tatap muka.

5. Tetapkan jam istirahat

Jam istirahat juga harus ditetapkan agar karyawan tidak lupa untuk melakukan makan siang atau peregangan saat bekerja. Jam istirahat dapat sama seperti saat berada di kantor ataupun berbeda, tergantung kebijakan perusahaan. 

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan agar produktivitas karyawan terjaga dan meningkat walaupun hanya di rumah saja. Yang utama dan pertama dapat perusahaan lakukan untuk menjaga kemampuan atau menambah skill yang dimiliki karyawan adalah dengan mengikutsertakan mereka pelatihan dan pengembangan karyawan berbasis webinar ataupun kelas online. Banyak program dan kurikulum yang disusun oleh penyelenggara sehingga cocok dilakukan saat di rumah. Untuk berkonsultasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelatihan dan pengembangan karyawan silakan hubungi Markshare. Tetaplah jaga kesehatan dan tidur cukup untuk menjaga stamina saat bekerja di rumah.

WhatsApp Support Chat